Jangan Egois, Penuhi Hak Seksual Istri
Inti perkawinan adalah menyatunya “dua saya-dua ana” yang kemudian menjadi “kita-nahnu“. Itulah filosofi “zaujaini” yang bermakna “kedua pasangan” untuk menyebut pasangan suami-istri. Suami-istri bagaikan kedua pasangan sayap kanan kiri yang tampa salah satunya kehidupan tidak akan pernah terbang ke angkasa.
Salah satu wujud menyatunya “dua saya” dalam “kita” adalah hubungan seks. Itulah kenapa perkawinan dalam Islam disebut Nikah. Sebab nikah secara bahasa bermakna “menyatu-padu” (ad dhammu) bukan hanya berkumpul-bertemu (al jam’u). Pernikahan adalah ad dhammu dan al jam’u.
Jika suami egois (mengutamakan ke-saya-annya sendiri), termasuk dalam hububgan seks, maka hakikatnya bukan pernikahan, sebab tidak ada kemenyatuaan dan kepaduan. Sebab itu Allah berfirman “hunna libasun lakum wa antum libasun lahunna“, istri pakaian suami dan suami juga pakaian istri. Penggalan ayat ini dengan terang benderang, bahasa ushul fiqihnya “manthuq sharih“, menyatakan bahwa inti perkawinan adalah “kesalingan”.
Untuk meneguhkan makna kesalingan dalam hubungan seksual, Rasulullah mewartakannya dalam beberapa hadist, al:
“إذا جامع أحدكم أهله فليصدقها، فإذا قضى حاجته قبل أن تقضي حاجتها فلا يعجلها حتى تقضي حاجتها”.
Bila engkau melakukan hubungan seks maka bersungguh sungguhlah, apabila engkau ejakulasi terlebih dulu sebelum istrimu, maka jangan menyegera-gerakan istrimu sampai ia sendiri mencapainya.
Menarik menganalisis kata “fa laa yu’ajjilha” sebagian teks hadis membaca “fa laa yu’jilha“. Bacaan pertama bermakna “jangan menyegera-gerakan” dan bacaan kedua bermakna “jangan menyegerakan”. Apa perbedaannya? Yang pertama bermakna berulang ulang menyuruh segera, sedang yang kedua tidak bermakna keberulangan. Kepana begitu ? Ya belajar dulu ilmu ” ash-Sharf “.
Ilmu sharf menghindarkan kesalahan men tashrif “ kaffara- yukaffiru- kampret. Namun lebih dari itu, kedua bacaan di atas menganjurkan dan mengajarkan “moralitas seks” lebih tinggi dari kata “jangan tergesa gesa”.
Kata jangan tergesa gesa adalah perintah kepada suami untuk tidak tergesa gesa. Sedangkan dua bacaan sebelumnya memerintakan pada suami agar tidak membuat istrinya tergesa gesa. Luar biasa sensitifitas Nabi melihat kebutuhan seks perempuan. Allahumma shalli ala Muhammad.
Hadist ini, dan beberapa hadist senafas lainnya, menenguhkan pesan yang sudah secara terang benderang di perintahkan al Qur’an. Dalam ushul Fiqh, peran hadis seperti ini disebut “mu’akkid li al Qur’an” , sehingga ada dua sumber hukum untuk keharusan kesalingan dalam hubungan seks, setaraf dengan shalat, puasa, haji, rukun imam, dll yang juga sama-sama memiliki dua sumber hukum, al Qur’an dan As Sunnah.
Intinya, al Qur’an dan as-Sunnah mengajarkan kesalingan dalam setiap relasi suami istri, termasuk dalam hubungan seksual. Jadi janganlah Egois. Wallahu a’lam.
- Qiwamah dan Tanggung jawab Suami Bisa Dicabut - 13/09/2022
- Istirahatkan Istrimu di Bulan Ramadhan - 13/05/2020
- Inilah Arti SAMAWA yang Banyak Orang Belum Tahu - 16/12/2019